Loading...

SLF Unhas Hadirkan Sastrawan hingga Filmmaker, Beri Kiat Berbagi Ide kepada Mahasiswa

Posted By
ILHO
Kategori
PENGUMUMAN
Date
28-10-2023

Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Unhas melalui Pokja Kepemimpinan dan Karakter Mahasiswa menggelar Student Leadership Forum (SLF) Batch 2 tahun 2023. Kegiatan berlangsung di Aula Prof Latanro, Sabtu-Minggu (28-29/10). 



Kegiatan bertema “Berbagi Ide di Berbagai Media” ini diikuti 60 peserta yang merupakan perwakilan lembaga kemahasiswaan, peserta SLF batch 1 dan mahasiswa Unhas yang punya tertarik mengembangkan skill kepemimpinan. 

Kegiatan dihadiri Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir, Abdullah Sanusi PhD, Ketua Tim Pokja Kepemimpinan dan Karakter Mahasiswa, Afdal PhD beserta tim. 

Mengawali kegiatan, Ketua Panitia Nur Syamsu Ismail MSi menyampaikan bahwa SLF merupakan salah satu program Direktorat Kemahasiswaan yang telah dilaksanakan di tahun-tahun sebelumnya. 
“Teman kali ini diusung untuk menjembatani mahasiswa Unhas dengan keterampilan yang relevan dan aplikatif dalam menyampaikan pemikiran serta ide mereka di ruang publik. Media sosial dan media digital telah menjadi ruang publik virtual, sehingga kemampuan berkomunikasi secara efektif menjadi sebuah keharusan bagi seorang pemimpin,” ujarnya. 

Sementara itu, Abdullah Sanusi dalam sambutannya yang sekaligus membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa SLF telah hadir sejak 2018. 

Sejak dicetuskan, SLF ini bertujuan menambah pengetahuan dan melengkapi pelatihan kepemimpinan yang menjadi kegiatan rutin lembaga kemahasiswaan di Unhas.

“Ini tujuannya untuk melengkapi, sehingga materinya selalu berbeda dan yang memberikan materi adalah praktisi. Kita berharap ketua lembaga tidak hanya bagus dalam beretorika, tapi juga paham tentang banyak hal, seperti sejarah, sastra dan mampu menyampaikan ide dengan baik, itu tujuan kami membuat SLF ini,” tegas Abdullah Sanusi. 

Pada kesempatan ini, Abdullah Sanusi juga memaparkan kondisi lembaga kemahasiswaan saat ini. Menurutnya lembaga kemahasiswaan juga harus beradaptasi, apalagi dengan kemunculan komunitas dan semakin banyaknya Unit Kegiatan Mahasiswa. 

SLF kali ini dikemas dalam bentuk workshop interaktif dengan melibatkan sejumlah pemateri dari berbagai bidang keahlian. Seperti Sastrawan Aan Mansyur, Blogger Yusran Darmawan dan Filmmaker Arfan Sabran. Para pemateri ini membagikan kiat berbagi ide di platform kepakaran masing-masing.