MAKNA LOGO DAN MASKOT POMNas XV TAHUN 2017

By ilo 13 Maret 2017 11:00:27

Aplikasi Teknologi Dalam Rekrutmen Donor Darah Sukarela

Sabtu 11 Maret 2017. Bertempat di Gedung Pertemuan Alumni (GPA) Unhas, Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A. telah meluncurkan Maskot dan Logo POMNas XV Tahun 2017 yang dirangkaikan peresmian penggunaan Sekretariat POMNas XV Tahun 2017 sebagai pusat seluruh rangkaian kegiatan POMNas XV Tahun 2017.

LOGO POMNas XV Tahun 2017

SIMBOL KAPAL PINISI yang merupakan perahu khas Bugis-Makassar, memaknai perjalanan kehidupan melalui proses kekuatan dan ketahanan akan gelombang zaman dalam mengarungi samudera kehidupan yang penuh tantangan dan harus ditaklukkan dengan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni.

TIGA LAYAR melambangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi : Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, yang akan membawa mahasiswa Indonesia mengelola dan mengembangkan potensi sumberdaya dalam mengabdi kepada kejayaan nusa dan bangsa.

GELOMBANG melambangkan tantangan kehidupan yang harus ditaklukan dengan kemauan keras, kebebasan berekspresi, berjiwa besar, dan berkarakter yang dilandasi nilai-nilai kearifan lokal budaya maritim Indonesia.

RING SPORT melambangkan persahabatan, persaudaraan, dan persatuan dalam Olahraga terjalin dan direkat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk mencapai prestasi tanpa mempersoalkan agama, ras, dan budaya dengan semangat sportivitas dalam mencapai dan meraih prestasi pada POMNas XV 2017 Sulawesi Selatan.

HITAM melambangkan keteguhan dan kekuatan, kewibawaan, kedisiplinan, dan berkemauan keras mencapai pribadi yang utuh.

MERAHmelambangkan semangat, kekuatan, keberanian, perjuangan, dan cinta tanah air.

HIJAUmelambangkan kesuburan, pertumbuhan, pembaharuan, keseimbangan, dan persahabatan.

KUNING melambangkan kedewasaan, kerjasama, kemuliaan, kebahagiaan, kebijaksanaan, dan kesatriaan.

BIRU melambangkan kepercayaan, dinamis, loyalitas, idealisme, persahabatan, dan harmoni kehidupan.

MASKOT POMNas XV Tahun 2017

AYAM JANTAN MEMAKAI “PASSAPU” DI KEPALA DAN SARUNG SUTERA DILILITKAN DI PINGGANG TEMPAT MENYELIPKAN BADIK MERUPAKAN SIMBOL PAKAIAN ADAT BUGIS-MAKASSAR SULAWESI SELATAN

Ayam Jantan dari timur adalah julukan yang diberikan kepada Sultan Hasanuddin, karena keberanian dari Sultan Hasanuddin untuk melawan penjajah sehingga menjadi simbol dalam “filosofi keberanian“ masayarakat Bugis-Makassar Sulawesi Selatan.

Arti Ayam jantan dari Timur sendiri berarti Ayam Jantan atau Ayam Jago (dimaknai Berani) berasal dari Benua Timur dari tanah Bugis-Makassar Sulawesi Selatan.

AYAM JANTAN MERAH melambangkan kekukuhan berpijak Unhas sebagai leading sektor POMNas XV 2017, merupakan simbol panji-panji kebesaran dan mempunyai makna sangat mendalam dalam menata kehidupan sosial kemasyarakatan dengan kearifan lokal budaya maritim masyarakat Bugis-Makassar Sulawesi Selatan, membawa serta simbol-simbol kemauan keras, kebebasan berfikir, berjiwa besar untuk mencapai prestasi dengan keseluruhan ilmu pengetahuan, kebahagian dan kesentosaan hidup dalam mengabdi kepada kejayaan nusa dan bangsa.

PASSAPU, adalah ikat kepala tradisional yang dikenakan di kepala melambangkan kehormatan, dan ketinggian martabat yang selalu dijunjung tinggi masyarakat Bugis-Makassar Sulawesi Selatan.

BADIK, bukan hanya sebagai senjata untuk membela diri, namun menjadi lambang kedewasaan dalam mengemban amanah, sehingga terdapat kepercayaan yang menimbulkan ketenangan, kedamaian, kesejahteraan, dan kemakmuran dengan nilai kerendahan hati dan kesabaran.

LIPA SABBE, bukan saja berfungsi sebagai penghias tubuh, tetapi juga sebagai kelengkapan suatu upacara yang dikenakan dalam penerimaan tamu, atau upacara tertentu yang melambangkan keagungan POMNas XV 2017 Sulawesi Selatan.

MERAH melambangkan semangat, kekuatan, keberanian, perjuangan, dan cinta tanah air, mencerminkan kekukuhan, kemauan keras, kebebasan berfikir, berjiwa besar mencapai keseluruhan ilmu pengetahuan.

HITAM melambangkan keteguhan dan kekuatan, kewibawaan, kedisiplinan, dan berkemauan keras mencapai pribadi yng utuh.

KUNING melambangkan kedewasaan, kemuliaan, kerjasama, kebahagiaan, kebijaksanaan, dan kesatriaan.

Kemahasiswaan Fans Page

WEBLINK

Kontak Kami

Sekretariat Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin

Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 10, Tamalanrea Makassar,90245,Sul-sel, Indonesia
Telp : (0411) 586128
Email : kemahasiswaan@unhas.ac.id

PENGUNJUNG

ONLINE 033
HARI INI 560
KEMARIN 841
BULAN INI 22560
BULAN LALU 27329