Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2016

By admin 08 Februari 2016 09:11:01

Aplikasi Teknologi Dalam Rekrutmen Donor Darah Sukarela

Bidikmisi berbeda dengan Beasiswa. Bidikmisi adalah bantuan biaya hidup dan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berpotensi akademik unggul, sedangkan Beasiswa adalah penghargaan yang diberikan kepada siswa/mahasiswa atas prestasi yang didapatkan.

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang diberikan oleh pemerintah melalui Ristek DIKTI untuk membantu calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu dari segi ekonomi serta memiliki potensi akademik yang unggul sebagai jaminan bahwa calon mahasiswa tersebut nantinya dapat menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi dengan tepat waktu.

Bidikmisi terdiri dari beberapa jalur, diantaranya adalah Bidikmisi jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, Bidikmisi  jalur mandiri PTN, dan Bidikmisi jalur mandiri PTS, Bidikmisi UT, dan Bidikmisi ISI. Untuk mendapatkan Bidikmisi, terlebih dahulu anda harus dinyatakan lulus seleksi jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK-PN, UT, ISI, atau Bidikmisi PTS. Jika anda telah lulus melalui salah satu jalur seleksi tersebut, maka anda memiliki peluang yang besar untuk bisa mendapatkan Bidikmisi.

Untuk bisa mendapatkan Bidikmisi, pertama kalinya anda harus bisa memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh panitia Bidikmisi, beberapa persyaratan Bidikmisi akan dijelaskan sebagai berikut.

Persyaratan Pendaftaran Online Bidikmisi 2016

  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2016
  2. Lulusan tahun 2015 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria:
    • Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
    • Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah;
  7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
    • PTN dengan pilihan seleksi masuk
    • Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
    • Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
    • Seleksi Mandiri PTN
    • Politeknik, UT, dan ISI
    • PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk
Jalur Pendaftaran Bidikmisi 2016 Pendaftaran Bidikmisi untuk calon mahasiswa baru dilakukan melalui beberapa jalur, baik jalur nasional maupun jalur mandiri. Jalur-jalur tersebut seperti yang telah dijelaskan di atas, yaitu sebagai berikut :   Pendaftaran Bidikmisi jalur Nasional
  • Pendaftaran Bidikmisi jalur SNMPTN
  • Pendaftaran Bidikmisi jalur SBMPTN
  • Pendaftaran Bidikmisi jalur PMDK-PN
Pendaftaran Bidikmisi jalur Mandiri

Silahkan anda memilih jalur Bidikmisi sesuai keinginan anda. Setelah mendaftar Bidikmisi, kemudian anda harus mendaftar jalur seleksi yang akan anda ikuti.

Cara Pendaftaran Online Bidikmisi 2016    
  1. Sekolah mendaftarkan diri sebagai instansi pemberi rekomendasi kepada peserta bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.ristekdikti.go.id/sekolah/ 
  2. Pada halaman yang telah anda buka, muncul 2 pilihan, yaitu fitur untuk sekolah yang telah mendaftar dan mendapatkan akun dan juga fitur untuk sekolah yang belum pernah mendaftar Bidikmisi.
    • Jika sekolah anda pernah mendaftar dan mempunyai akun Bidikmisi, langsung saja login dengan memilih fitur "sudah terdaftar".
    • Jika Sekolah anda belum pernah mendaftar Bidikmisi sebelumnya, Pilih fitur"belum terdaftar".
  3. Bagi sekolah yang belum memiliki akun Bidikmisi, maka terlebih dahulu melakukan pengisian data sekolah dengan melampirkan hasil scan beberapa berkas pendaftaran berupa identitas dan prestasi sekolah untuk mendapatkan nomor Kode Akses Sekolah. 
  4. Ditjen  Belmawa  akan memverifikasi  pendaftaran  dalam  kurun  waktu  1  x  24  jam.
  5. Setelah diverifikasi, Sekolah bisa login ke alamat http://bidikmisi.ristekdikti.go.id/sekolah/ menggunakan NPSN dan Kode Akses Sekolah dengan memilih fitur "sudah terdaftar" untuk merekomendasikan  masing-masing  peserta Bidikmisi.
  6. Setelah mendaftarkan peserta Bidikmisi, Sekolah akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses untuk masing masing siswa peserta Bidikmisi yang sudah direkomendasikan
  7. Berikan nomor pendaftaran dan kode akses tersebut kepada peserta Bidikmisi
  8. Selanjutnya siswa peserta Bidikmisi melakukan pendaftaran online Bidikmisi.

Tata Cara Pendaftaran Online Bidikmisi Oleh Siswa

  1. Buka situs resmi pendaftaran Bidikmisi siswa, yaitu http://bidikmisi.ristekdikti.go.id/siswa/
  2. Login menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses siswa yang telah didapatkan dari sekolah
  3. Kemudian peserta Bidikmisi mengisi biodata diri dengan lengkap dan benar.
  4. Jika telah selesai dan sesuai dengan identitas diri anda, cetaklah kartu tanda peserta Bidikmisi.
  5. Siswa yang telah melakukan pendaftaran Bidikmisi, kemudian mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur nasional atau jalur mandiri sebagai salah satu syarat Bidikmisi, yaitu mengikuti Bidikmisi SNMPTN, Bidikmisi PMDK-PN, Bidikmisi SBMPTN, Bidikmisi jalur Mandiri PTN, atau Bidikmisi jalur Mandiri PTS.
Setelah menyelesaikan tahap pendaftaran online di atas, dan dinyatakan lulus jalur seleksi yang diikuti. kemudian panitia Bidikmisi akan melakukan seleksi tahap selanjutnya, biasanya mereka anda melakukan survey dengan datang langsung ke rumah anda. Kemudian panitia akan menentukan apakan anda berhak mendapatkan Bidikmisi atau tidak.   Jadwal Pendaftaran Bidikmisi 2016/2017
Bidikmisi dilaksanakan untuk membantu calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Agar bisa mendapatkannya, maka anda harus melakukan pendaftaran sesuai dengan jadwal pelaksanaan berikut ini :
  • Pendaftaran Bidikmisi oleh Sekolah pada 1 Februari - 1 September
  • Pendaftaran Bidikmisi oleh Siswa pada 1 Februari - 1 September
  • Pendaftaran Bidikmisi SNMPTN pada 10 Februari - 12 Maret
  • Pendaftaran Bidikmisi SBMPTN pada 16 Maret - 3 Juni
   

Video Galery

Kemahasiswaan Fans Page

WEBLINK

Kontak Kami

Sekretariat Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin

Jl. Perintis Kemerdekaan KM. 10, Tamalanrea Makassar,90245,Sul-sel, Indonesia
Telp : (0411) 586128
Email : kemahasiswaan@unhas.ac.id

PENGUNJUNG

ONLINE 021
HARI INI 666
KEMARIN 1166
BULAN INI 27252
BULAN LALU 41164