Loading...
Kemahasiswaan

DAPK Unhas Laksanakan Career Clinic Virtual Batch II

Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas mengadakan kegiatan Career Clinic Virtual hari ini Rabu 20 Mei 2020 dengan tema “Memanfaatkan Media Sosial Untuk Meningkatkan Peluang Karir”.  Kegiatan daring lewat aplikasi zoom ini diikuti oleh 95 peserta yang terdiri dari Mahasiswa, Alumni Unhas, peserta umum. Turut hadir dan membuka acara ini Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes., dalam sambutannya menyampaikan  terima kasih pada Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir (DAPK) atas inisiasi penyelenggaraan kegiatan sangat bermanfaat di masa pandemi covid ini. Kami juga berterima kasih Kepada pihak Unilever yang telah berkenaan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan praktis tentang dunia kerja atau hal yang dibutukan dunia kerja pada mahasiswa dan alumni.

Kampus harus menyiapkan para alumninya untuk siap berkiprah dan bekerja pada lapangan kehidupan manapun. Selain nilai yang bagus, pengalaman organisasi serta pelatihan-pelatihan seperti kiat-kiat mencari job kerja di saat kuliah adalah sebuah modal berharga dalam menghadapi tantangan dunia kerja nantinya.

Setelah sambutan berlangsung, MC lansung mempersilahkan pemateri pertama  Mbak Indri Pramaning (Emloyer Branding PT Unilver) memaparkan materi tentang “Sosial Media Untuk Karir Anda” Semisal akun media sosial anda seperti LinkedIn, Instagram dan Facebook saat ini digunakan oleh para rekruter untuk melihat apa yang kalian miliki. Gunakanlah sosial media untuk menampilkan nilai jual yg Anda miliki saat ini atau seperti apa kalian ingin dikenal saat ini. Agar para rekruter memiliki kesan awal yg baik terhadap kalian.



Pemateri kedua Mbak Intan Sormin (HRBP for CD/Sales and Social Media Enthusiast PT Unilever) mengatakan dalam materinya Sosial Media adalah salah satu bagian terpenting dalam personal branding. Bagi perusahaan multinasional seperti Unilever, mereka juga menjadikan sosial media sebagai salah satu bagian penting dalam merekrut karyawan dari calon pelamar. Untuk melihat dimana passion mereka, kami akan mengulek-ulek media sosial mereka. Jadi sebaiknya akun media sosialnya diberi penamaan yang sama dan perjelas diri anda disana, seperti pemikiran, kebiasaan-kebiasaan positif, jaringan bahkan kalau anda menggunakan akun media sosial anda untuk jualan, agar diperjelas juga brandnya apa tutup mbak intan.

Antusias para peserta terlihat dari banyaknya pertanyan pada kolom komentar pada aplikasi zoom selain yang diberi akses bertanya lansung kepada pemari. Pertanyaan-pertanyaan seputar bagaimana CV yang baik, peluang karir bagi fresh graduate di Unilever, bagaiman meramu media sosial yang sesuai dengan minat para perusahaan. Akhir kegiatan ini peserta akan mendapatkan e-sertifikat yang akan lansung dikirim ke email para peserta. (20/5)

Berita Lainnya