Loading...
Kemahasiswaan

Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas mengadakan kegiatan Student Leadership Forum secara Virtual

Sabtu 16 Mei 2020 berlansung kegiatan Student Leadership Forum secara virtual via aplikasi Zoom. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pokja Pendamping Lembaga Kemahasiswaan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas.

Acara pembukaan dihadiri oleh Para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan tiap Fakultas, Sanusi Abdullah. Ph.D. (Direktur Alumni dan Penyiapan Karir), Ir. Andi Darwin, M.M. (Ka. Biro Kemahasiswaaan Unhas), Dr. Ir. Andi Amidah Amrawaty (Kasubdit Alumni dan Penyiapan Karir), Muh. Fathir Kasim (Ketua BPM Unhas), para anggota Pokja Pemdamping Lembaga Kemahasiswaan dan 223 Mahasiswa yang menjadi peserta pada kegiatan ini. Acara pembukaan kegiatan ini dimulai pada pkl 09.30-10.00 Wita, dan dibuka lansung oleh Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes. (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas).



Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas mengatakan bahwa Student Leadership Forum (SLF) adalah sebuah usaha kami dibidang kemahasiswaan dan alumni untuk membentuk karakter kepemimpinan  mahasiswa Unhas. Sejak tahun 2018 kami telah memililih mahasiswa di tiap-tiap fakultas yang kami lihat memiliki bakat kepemimpinan dan juga para mantan ketua Osis waktu mereka SMA. Kami kumpulkan jadi satu dalam wadah SLF ini. Sementara berjalan ini adalah SLF Batch II untuk Angkatan 2019.

Kegiatan ini merupakan kerja-kerja yang hasilnya akan kita petik pada masa-masa yang akan datang. Mereka akan menjadi pemimpin-pemimpin masa depan bangsa.  Hari ini kita hanya memberi nutrisi tentang kepemimpinan, tentang bagaimana kehidupan organisasi yang matang dalam kampus, bagaimana kerja-kerja tim, bagaimana berkomunikasi dengan baik. Itu adalah modal mereka sebagai calon pemimpin masa depan bangsa ini. Tutup Prof Arsunan.



Setelah proses pembukaan ini selesai, kami lansung akan mempersilahkan pemateri pertama untuk memaparkan materinya serta berbincang dengan para peserta. Pemateri pertama adalah dr. Halik Malik, beliau adalah Humas Satgas Covid-19 PB IDI Pusat juga sebagai Konsultan UNICEF Indonesia yang akan memberi materi tentang Networking dan Publik Relation. Lalu pemateri kedua adalah seorang Redaktur Harian Tribun Makassar, Jumadi Mappanganro akan membawakan materi Teknik Reportase dan Penulisan Opini, Pematei Ketiga adalah seorang Novelis Erni Aladjai yang akan memberi asupan-asupan gizi terkait penulisan pada para mahasiswa tentang bagaimana menjadi penulis muda. Ungkap host kegiatan ini Dr. M. Syahid Arsyad.



Ada yang menarik saat sesi materi pertama berjalan, dr. Halik Malik tiba-tiba mengajak salah satu rekannya sesama Humas Satgas Covid-19 PB IDI untuk bergabung via zoom menjadi pemateri tamu, dia adalah dr. Reisa Broto Asmoro yang juga mantan Puteri Indonesia Lingkungan dan Puteri Indonesia 2010. Dokter cantik ini memaparkan kiat-kiat dalam berkomuniksi massa. Bagaimana sebagai seorang komunikator harus tak berjarak dengan audience dan bahasa yang digunakan adalah bahasa yang dekat di audiens atau masyarakat kita. Biasanya kan dokter kaku-kaku tuh ya, pake istilah-istilah media dalam menerangkan ke masyarakat apalagi terkait Corona ini, ada beberapa istilah kemudian yang membuat pusing masyarakat, ODP, OTG, PDP dan daftar istilah lain yang membingunkan masyarakat, tutur dr. Reisa.



Kagiatan ini berjalan dari pkl 10.00 s/d 15.30 WITA dan ditutup oleh Direktur Alumni dan Penyiapan Karir Unhas, Abdullah Sanusi, Ph.D. Ketiga materi ini kami anggap cukup untuk menjadi bahan pemantik adik-adik mahasiswa untuk mengolah pribadinya agar menjadi mahasiswa yang cerdas dan produktif. Apalagi saat masa pandemi seperti ini, harus banyak kegiatan positif agar imun tubuh menjadi kuat. Sesuai dengan tema kegiatan SLF Batch II ini adalah “Mahasiswa Produktif di tengah Pandemi Covid-19”. Tutup Ketua Panitia Kegiatan ini Ashar Prawitno, S.Sos., M.Si.

Berita Lainnya