Loading...

Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Bidang Kemaritiman Tingkat Nasional Tahun 2022 Universitas Hasanuddin

Posted By
ILHO
Kategori
PENGUMUMAN
Date
15-07-2022

Lomba karya tulis ilmiah merupakan kegiatan kemahasiswaan untuk mendorong mahasiswa menuliskan dan menyalurkan ide-ide kreatif sebagai respon intelektual atas persoalan-persoalan aktual yang dihadapi masyarakat. Ide dan gagasan yang unik dan kreatif sangat diperlukan dimana mahasiswa memiliki peran penting untuk memberikan solusi atas permasalahan di bidang kemaritiman. Untuk mewujudkan hal tersebut maka dlakukan agenda tahunan Lomba Karya Tullis Ilmiah yang ke-11 kalinya. Pelaksanaaan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (LKTIM) dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2022 di Aula LPMPP Lantai Dasar Perpustakaan, Universitas Hasanuddin. Tema LKTIM pada tahun ini mengangkat tema “Revolusi Industri di Dunia Kemaritiman: Blue Economy, Laut sebagai Kesejahteraan Berkelanjutan, dan Daya Saing Teknologi”.  Kegiatan diawali dengan laporan ketua panitia Dr. Ahmad Faizal, ST., M.Si. Kegiatan sosialisasi dimulai pada bulan Mei 2022, kemudian tanggal 23 Mei – 30 Juni 2022 proses pendaftaran dan penerimaan karya dari peserta LKTIM, pada tanggal 2 – 7 Juni 2022 panitia melakukan seleksi karya yang masuk dari peserta dan menyesuaikan topik yang ada, dan pada tanggal 8 Juli 2022 panitia mengumumkan peserta yang lolos seleksi untuk presentasi di lomba LKTIM. Pelaksanaan lomba LTIM ini dilakukan secara hybrid artinya ada peserta yang mengikuti secara luring dan beberapa peserta mengikuti secara daring.

Acara selanjutnya adalah sambutan dan pembukaan acara LKTIM oleh Direktur Alumni dan Penyiapan Karir Universitas Hasanuddin bapak Abdullah Sanusi, SE., MBA., Ph.D. Dalam sambutannya mengatakan bahwa blue economy sebagai sebuah upaya pemanfaatan ekonomi dari sisi aspek kelautan dan sumberdaya perairan yang selama ini kurang mendapatkan perhatian di Indonesia. Kami berharap lomba LKTIM ini tidak hanya lomba semata, namun kami berharap bisa lahir sinergi dan kolaborasi baik itu dari dosen pendamping atau dari peserta mahasiswa dan melalui kolaborasi ini mahasiswa mampu memberikan perspektif baru dalam rangka mengoptimalkan sumberdaya perairan.

LKTIM ini diikuti oleh 80 tim yang berasal dari berbagai universitas yang tersebar di wilayah Indonesia seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene dan Kepulauan, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Halu Oleo, Universitas Hasanuddin, Universitas Jember, Universitas Lampung, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Pakuan, Universitas Papua, Universitas Sumatera Utara, Universitas Syiah Kuala, Universitas Warmadewa, University of Riau, dan Universitas Warmadewa.  

 Bentuk lomba LKTIM ini terdiri dari 3 bentuk lomba, yang pertama adalah lomba karya tulis ilmiah yang terdiri atas bidang ilmu pengetahuan (fisika, kimia, biologi, matematika), bidang teknologi, bidang sosial, ekonomi, hukum, dan pengelolaan sumberdaya pesisir dan laut. Lomba kedua yaitu lomba poster kemaritiman, dan yang ketiga yaitu lomba video yang terdiri atas pelestarian lingkungan, kedaulatan maritim, keanekaragaman hayati, dan wisata bahari.

Lomba LKTIM ini dinilai oleh dewan juri yab berasar dari 6 universitas dan berkompeten dalam bidangnya. Juri nasional berasal dari Institut Pertanian Bogor, Universitas Hasanuddin, Universitas Brawijaya, Universitas Gajah Mada, Institut Seni Indonesia Denpasar, dan Universitas Mataram. Pada lomba karya tulis ilmiah bidang ilmu pengetahuan yaitu Prof. Dr. Ir. Ronny Rachman Noor, M.Rur.,Sc. (IPB), Prof. Dr. Andi Iqbal Burhanuddin, S.T.,M.Fish.,Sc., dan Dr. Eddyman W. Ferial, S.Si., M.Si. Juri pada bidang teknologi yaitu Abu Bakar Sambah, S.Pi., MT, Ph.D. (UB), Dr. Ir. Muhammad Farid Samawi, M.Si, dan Dr. Eng. Achmad Yasir Baeda, S.T.,MT. Juri pada Bidang Sosial, Ekonomi, Hukum, dan Kebijakan Lingkungan yaitu Dr. Hempri Suyatna, S.Sos.,M.Si. (UGM), Aswin Baharuddin, S.IP., MA., dan Dr. Ir. Rijal Idrus, M.Sc. Pada Lomba Poster Kemaritiman juga dinilai oleh juri yaitu Dr. Anak Agung Gede Ray Ramawa (Institut Seni Bali), Dr. Muhammad Akbar, M.Si, dan Dr. Alem Febri Sonni, S.Sos.,M .Si., sedangkan pada Lomba Videografi Kemaritiman yaitu Dr. Nurliah, S.Pi., M.Si. (Univ. Mataram),  Nasakros Aiya, S.Kom., M.I.Kom. dan Dr. Ahmad Bahar, S.T., M.T.

Aspek yang menjadi indikator penilaian dalam lomba ini adalah makalah dan presentasi peserta. Sedangkan untuk poster dan video yang menjadi aspek penilaiannya berupa kesesuaian topik, kejelasan isi dan konten video, kualitas gambar, kreativitas, kualitas suara dan musik, dan kesesuaian gambar dengan musik. Pada lomba LKTIM akan diambil untuk menjadi juara 1, 2, 3, dan juga best poster dan video serta juara favorit. Panita pelaksana, Universitas Hasanuddin, menyiapkan hadiah bagi para pemenang berupa uang pembinaan sejumlah jutaan rupiah, piala, dan e-sertifikat.

Setelah melakukan penilaian maka diumumkan nama-nama tim pemenang pada lomba karya tulis ilmiah keamritiman dan pemenang pada poster dan video kemaritiman Tahun 2022.  Pemenang pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang Ilmu Pengetahuan (Fisika, Kimia, Biologi, Matematika) untuk Juara 1 adalah Amran dari Universitas Hasanuddin, Juara 2 adalah Phahul Zhemas Zul Nehan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara 3 adalah Anugerah Yaumil Ramadhani Aziz dari Universitas Hasanuddin, dan Juara Favorit adalah Ni Putu Ayu Wijayanti dan Universitas Warmadewa.

Pemenang pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang Teknologi untuk Juara 1 adalah Muhammad Faizal dari Universitas Hasanuddin, Juara 2 adalah Vincentius Septian Dwi Saputra dari Universitas Negeri Surabaya, Juara 3 adalah Arsal Naufal Yudhatama dari Universitas Negeri Surabaya, dan Juara Favorit adalah Bulan Purnama dari Universitas Hasanuddin.

Pemenang pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Hukum, dan Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut untuk Juara 1 adalah Hamzah Haz dari Universitas Hasanuddin, Juara 2 adalah Rindi Elvani dari Universitas Diponegoro, Juara 3 adalah Nadia Tria Amanda dari Universitas Diponegoro, dan Juara Favorit adalah Sulfiana Wing Putri dari          Universitas Papua.

Pemenang pada Poster Kemaritiman untuk Juara 1 adalah Riska dari Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan, Juara 2 adalah Fatimah Kurnia Wati dari Universitas Gadjah Mada, Juara 3 adalah Amran dari Universitas Hasanuddin, dan Juara Favorit adalah Arsal Naufal Yudhatama dari Universitas Negeri Surabaya.

Pemenang pada Video Kemaritiman untuk Juara 1 adalah Rendi Saputra Nugraha dari Universitas Negeri Surabaya, Juara 2 adalah Riska Aulia dari Universitas Sulawesi Barat, Juara 3 adalah Andika Saputra dari Universitas Hasanuddin, dan Juara Favorit adalah Theresa Lokasari Yakub dari Universitas Muhammadiyah Palopo. Melalui kegiatan LKTIM ini diharapkan mampu memberikan semangat dan kontribusi bagi mahasiswa untuk terus berkarya dan menghasilkan ide inovatif yang akan digunakan untuk mengatasi permasalahan dalam bidang kemaritiman.  (ina/ilo)