Loading...

Unhas Sambut 37 Finalis Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional

Posted By
ILHO
Kategori
PENGUMUMAN
Date
25-07-2023

Universitas Hasanuddin (Unhas) mendapat kesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Nasional yang berlangsung pada 24-28 Juli 2023. 

Hari ini, Senin (24/7) malam berlangsung gala dinner dalam rangka menyambut para tamu yaitu, dari Balai Pengembangan Talenta Indonesia, para dewan juri, finalis, dosen pendamping dari berbagai universitas, serta seluruh peserta Pilmapres yang terdiri dari 19 finalis program Sarjana dan 18 finalis program Diploma. 

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K), Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Abdullah Sanusi PhD, para dekan dan wakil dekan fakultas, dan tim Pokja Prestasi dan Kewirausahaan.

Setelah gala dinner, kegiatan berlanjut ke acara pembukaan yang berlangsung di Auditorium Prof Amiruddin Fakultas Kedokteran. 

Mengawali sambutan, Ketua Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Asep Sukmayadi M.Si mengatakan bahwa Pilmapres dilaksanakan sejak tahun 1987. Pada penyelenggaraan final kali ini diikuti 37 finalis dari  29 perguruan tinggi negeri maupun swasta seluruh Indonesia. 

Selain itu, tambahnya, ada 27 juri yang berpartisipasi pada ajang final ini yang merupakan dosen dari berbagai universitas dan profesional di berbagai bidang. 

“Terima kasih, ini bisa terlaksana atas  kerja sama Unhas yang sudah bersedia menjadi host pada penyelenggaraan tahun ini,” tambahnya. 

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K) dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada Unhas menjadi host atau tuan rumah penyelenggaraan Pilmapres tahun 2023. 

“Atas nama pimpinan menghaturkan terima kasih atas kesempatan diberikan sebagai host. Dan pada kesempatan ini Alhamdulillah Unhas  juga bisa meloloskan dua mahasiswa sebagai finalis untuk kategori Sarjana dan Diploma

Selanjutnya, Prof Ruslin mengucapkan Selamat kepada 37 mahasiswa yang menjadi finalis Pilmapres Tingkat Nasional 2023. Ia menyampaikan bahwa seluruh finalis sudah menjadi pemenang dan mereka semua yang akan memberi warna Indonesia Emas 2045.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan secara resmi oleh Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen dan Talenta Kemendikbud Ristek Tatang Muttaqin PhD. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong yang didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Unhas dan Ketua Balai Pengembangan Talenta Indonesia. 

“Penghargaan setinggi-tingginya kepada Unhas sebagai tuan rumah, terima kasih juga kepada seluruh juru yang akan berupaya keras karena memberikan nilai objektif itu tidak mudah,” ujar Tatang dalam sambutannya.  

Kegiatan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan pengenalan finalis untuk program sarjana dan diploma. Kemudian dilakukan pengalungan tanda peserta kepada dua perwakilan untuk program sarjana dan dua untuk program diploma. Tak lupa, pada pembukaan ini juga dilakukan pengenalan dewan juri. 

Diketahui, Pilmapres adalah ajang talenta yang diadakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Kegiatan ini untuk mengapresiasi mahasiswa melalui karya unggulan dengan tujuan memajukan pembangunan Indonesia. Adapun sasaran kompetisi ini merupakan mahasiswa program Sarjana dan Diploma seluruh Indonesia yang diseleksi pada tingkat universitas dan wilayah.  (rilis/*/rmd/ilo)