Loading...

Unhas Gelar Workshop Peningkatan SINTA Score Berbasis Output Kegiatan Mahasiswa

Posted By
ILHO
Kategori
PENGUMUMAN
Date
03-08-2023

Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Universitas Hasanuddin (Unhas) melaksanakan Workshop Peningkatan SINTA Score Berbasis Output Kegiatan Mahasiswa, Kamis 3 Agustus 2023. 

Bertempat di Ruang Molar Lt 1 Fakultas Kedokteran Gigi, kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K), Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Abdullah Sanusi SE MBA PhD.

Workshop ini diikuti para Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Pokja Prestasi dan Kewirausahaan, dan Pokja Kepemimpinan dan Karakter.  


Dalam sambutannya, Prof Ruslin menjelaskan bahwa workshop ini diharapkan dapat membantu meningkatkan SINTA score Unhas secara umum dan peningkatan reputasi Unhas. 


“Kampus kita saat ini telah bertengger di posisi Top 10 SINTA perguruan tinggi seluruh Indonesia. Saya kira capaian ini tidak boleh berhenti di posisi ini, kita harus bersama-sama berpartisipasi dalam hal ini dosen dan mahasiswa agar Universitas Hasanuddin menempati posisi yang lebih baik lagi. Riset publikasi dan HKI harus digenjot agar harapan tersebut bisa tercapai,” ujarnya. 

Lebih lanjut, Prof Ruslin berharap publikasi khususnya riset dan pengabdian masyarakat bisa ditingkatkan lagi. Menurutnya, begitu banyak pengabdian masyarakat yang seharusnya bisa dipublikasikan, baik itu kegiatan pengabdian masyarakat yang tercatat oleh LPPM, pengabdian yang dilakukan oleh tiap prodi, bidang kemahasiswaan dan tentunya dari lembaga kemahasiswaan.

“Bahkan secara individu yang dilakukan oleh teman-teman dosen. Hanya saja semua lewat begitu saja dan belum dimasukan di SINTA. Semoga dengan workshop ini pengabdian masyarakat yang terlewat begitu saja bisa diidentifikasi dan dipublikasikan semua dan dimasukan ke SINTA,” harapnya.

Sementara itu, materi pertama yang dibawakan Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Abdullah Sanusi menyenai Ragam Output Kegiatan Kemahasiswaan dan Potensi Rekognisi SINTA. 

Ia menjelaskan tentang aspek-aspek yang berpengaruh terhadap pemeringkatan SINTA, seperti publikasi jurnal, penelitian, pengabdian masyarakat, Hak Cipta, buku dan network. 

Ia juga memaparkan potensi-potensi publikasi dari kegiatan kemahasiswaan seperti, PKM, PMW, KKN, dan berbagai jenis lomba maupun non-lomba yang diikuti mahasiswa. 

“Kegiatan kemahasiswaan yang mampu mendorong pemeringkatan sinta diantaranya penelitian dan publikasi, kolaborasi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat, konferensi, jurnal mahasiswa, pelatihan dan workshop serta literasi publikasi, hal-hal ini sangat berpotensi untuk meningkatkatkan pemeringkatan SINTA score,” ujarnya. 


Pada materi kedua yakni Strategi Peningkatan SINTA Score Berbasis Kegiatan Kemahasiswaan dibawakan oleh Prof Dr Dahlang Tahir, MSi. Ia menyampaikan langkah-langkah apa yang harus dilakukan dosen dan mahasiswa dalam mempublikasikan berbagai kegiatan, apakah itu publikasi hasil riset, publikasi pengabdian masyarakat maupun paten atau HKI dan bagaimana agar terekognisi oleh SINTA. 

Sementara itu, Dr. Suhasman selaku koordinator kegiatan workshop menjelaskan bahwa hasil akhir dari kegiatan ini adalah berupa langkah kerja yang akan dilakukan oleh Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir agar kegiatan kemahasiswaan memberi kontribusi besar bagi peningkatan SINTA score Unhas.

“Output aneka kegiatan kemahasiswaan tidak boleh hanya berhenti pada raihan predikat juara dan peningkatan kapasitas intelektual dan kecakapan mahasiswa, namun juga berkontribusi pada peningkatan reputasi universitas. Dalam hal ini salah satu yang sangat potensial adalah karya-karya mahasiswa yang dapat record pada SINTA melalui publikasi, perolehan HKI, kegiatan pengabdian dan lain-lain. Kesemuanya ini harus didesain secara terstruktur dan terencana sehingga hasilnya maksimal,” ujarnya.(*/rmd/ilo)