Loading...

Tim Unhas Sabet Sejumlah Penghargaan di Ajang Satria Data 2023

Posted By
ILHO
Kategori
PENGUMUMAN
Date
23-08-2023

Tim Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menorehkan prestasi bergengsi tingkat nasional yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek. 

Kali ini sejumlah mahasiswa Unhas meraih penghargaan di ajang Nasional Statistika Ria dan Festival Data Sains (Satria Data) 2023 yang diselenggarakan di Universitas Brawijaya, 21-23 Agustus 2023. 

Pada ajang tersebut, Nurul Mutiara Annisa (mahasiswa Statistika angkatan 2021) berhasil mendapatkan juara 2 bidang National Statistics Competition (NSC). Kemudian Imelda Putri Deliansyah, Afifah Mutiah Nurdin dan Rafiah Ulya (mahasiswa Statistika angkatan 2021) mendapatkan penghargaan People’s Choice Award. 

Tak hanya itu, tim unhas juga masuk masuk top 12 finalis Statistics Infographic Competition. Tim tersebut terdiri dari  Muhamad Raihan (Ketua Tim) Muhammad Rayhan Arman (Anggota) dan Muchtar Adam Al Hamid (Anggota). 

Selain itu, terdapat 4 mahasiswa Unhas yang masuk dalam  Top 12 bidang National Statistics Competition. Mereka adalah Nur Aliah Ramadhani, Nur Aulia, Ridwan dan Eunike Laurine Randa. 

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K) mengucap syukur atas raihan prestasi nasional yang diraih tim Unhas. 

“Alhamdulillah, tim Unhas Kembali menorehkan prestasi membanggakan pada salah satu ajang kompetisi elit tanah air yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek,” ujar Prof Ruslin. 

Satria Data tahun ini diselenggarakan secara hybrid dengan host Universitas Brawijaya. Tema kegiatan yang diusung adalah “Innovating with Data: Merdeka Menginspirasi, Menciptakan Solusi, dan Membangun Negeri”. 

Adapun kategori yang dilombakan adalah National Statistics Competition (NSC), Statistics Essay Competition (SEC) Statistics Infographic Competition (SIC) dan Big Data Challenge (BDC). 

Tidak hanya kemampuan hardskill dalam bidang statistika dan sains data yang akan dikompetisikan, namu juga kemampuan softskill seperti komunikasi, visualisasi, kerja sama, dan kreativitas dalam pemecahan masalah kompleks.