Loading...

Targetkan Posisi PIMNAS Lebih Baik, Unhas Adakan Monev Internal PKM 8 Bidang

Posted By
ILHO
Kategori
PENGUMUMAN
Date
27-08-2023

Universitas Hasanuddin melalui Pokja Prestasi dan Kewirausahaan, Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir menyelenggarakan monitoring dan evaluasi (monev) internal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 bidang, Sabtu-Minggu (26-27/8). 

Berlangsung di Gedung Fakultas Farmasi Unhas, kegiatan monev ini diikuti 135 tim/proposal yang sebelumnya telah dinyatakan lolos mendapat pendanaan dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 

Kegiatan monev ini merupakan bagian dari upaya memaksimalkan kualitas laporan pada Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2) yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Kegiatan ini juga pada akhirnya menjadi upaya mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi Unhas pada Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas 2023). 

Pada kesempatan ini, seluruh tim melaporkan kemajuan kegiatan PKM yang dilakukan dengan cara mempresentasikan di hadapan tim reviewer Pokja. Selanjutnya, mahasiswa menerima masukan sekaligus arahan untuk percepatan pelaksanaan program masing-masing. 

Diketahui, tahun ini Unhas menduduki peringkat keempat nasional Perguruan Tinggi dengan pendanaan PKM terbanyak dengan total pendanaan Rp1.011.150.000. Adapun masing-masing proposal PKM mendapatkan pendanaan antara Rp6 juta hingga Rp10 juta.

Selanjutnya, seluruh proposal yang lolos didanai nantinya akan diseleksi kembali melalui proses Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM. Lalu, proposal yang lolos dari penilaian reviewer berhak maju menuju Pimnas ke-36 yang rencananya digelar di Universitas Padjadjaran pada November 2023.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof drg Muhammad Ruslin, MKes PhD SpBM (K) mengatakan bahwa Unhas akan terus memfasilitasi dan membuat persiapan lebih matang menuju Pimnas. Ia pun berharap Unhas bisa meningkatkan prestasi dengan menduduki posisi empat besar atau tiga besar di ajang Pimnas 2023.

“Kami sangat yakin tim pokja yang saat ini berjibaku sejak awal dan para mahasiswa yang sangat antusias. Kita akan terus memfasilitasi dan membuat persiapan lebih matang sehingga kita bisa naik posisi, bisa naik empat besar bahkan tiga besar Pimnas,” ujarnya.(*)