Loading...

Unhas Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru dan KIP Kuliah di 23 Kabupaten

Posted By
ILHO
Kategori
PENGUMUMAN
Date
26-01-2024

Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Bidang Akademik dan Kemahasiswaan melakukan roadshow sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 di 23 Kabupaten di Sulawesi Selatan. Kegiatan berlangsung 22-26 Januari 2024. 

Kegiatan ini dirangkaikan dengan sosialisasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah serta beasiswa lainnya yang ada di Unhas, dan jalur-jalur seleksi mahasiswa baru seperti jalur Prestasi, Olahraga, Seni dan Keilmuan (POSK) dan Program Pembinaan Bakat Kepemimpinan bagi Ketua OSIS. 

Kabupaten yang menjadi sasaran roadshow Unhas adalah Maros, Pangkep, Barru, Parepare, Pinrang dan Bone. Juga menyasar kabupaten lain seperti Sidrap, Soppeng, Wajo, Palopo, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Tana Toraja, Toraja Utara, Enrekang, Gowa, Takalar, Bantaeng, Jeneponto, Bulukumba, Sinjai, dan Selayar.

Pada roadshow kali ini dipusatkan di salah satu sekolah di masing-masing kabupaten. Adapun peserta yang disasar adalah siswa siswi kelas XII atau siswa yang sebentar lagi akan masuk ke perguruan tinggi.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K) mengatakan, roadshow SNPMB 2024 ini merupakan salah satu tahapan persiapan penerimaan mahasiswa baru Unhas tahun 2024.

Sosialisasi ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan informasi para siswa dan sekolah-sekolah tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru di Unhas beserta beasiswa yang bisa diperoleh. 

“Saat ini proses penerimaan jalur prestasi sudah berjalan. Kami harapkan roadshow ini dapat memberikan informasi sebanyak mungkin kepada calon mahasiswa mengenai jalur-jalur masuk di Unhas,” terangnya. 

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2024 akan dilaksanakan dalam 3 jalur yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi.

Kabupaten Bantaeng menjadi salah satu tujuan roadshow Unhas pada Jumat, 26 Januari 2024. Berpusat di SMA Negeri 1 Bantaeng, sosialisasi ini dibawakan oleh Direktur Pendidikan Unhas, 

Dr Risma Illa Maulany SHut MNatRest dan tim. 

Salah satu peserta sosialisasi yang merupakan siswa SMA Negeri 1 Bantaeng, Rahmat Malikul Mulki, mengaku sangat antusias dengan adanya kegiatan ini. Apalagi Unhas menjadi salah satu kampus tujuannya untuk berkuliah.

“Sangat senang dengan adanya roadshow ini, kami siswa diberikan penjelasan tentang beasiswa dan jalur masuk yang bisa kami daftarkan di Unhas,” terangnya.

Selain di Kabupaten Bantaeng, hari ini juga berlangsung sosialisasi di Kabupaten Toraja Utara. Berpusat di SMAN 1 Toraja Utara, sosialisasi ini dipadati siswa dan siswi. (rmd/ilo)