Loading...

Jaring Kandidat Debater, Unhas Selenggarakan Lomba Debat NUDC dan KDMI Tingkat Universitas

Posted By
ILHO
Kategori
PENGUMUMAN
Date
04-03-2024

Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Direktorat Kemahasiswaan kembali menyelenggarakan kompetisi debat tingkat universitas selama dua hari, Sabtu-Minggu (2-3/3/2024) di Ruang Seminar Fakultas Farmasi. 

Di hari pertama terselenggara National University Debating Championship (NUDC) dan hari kedua Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI). NUDC dan KDMI merupakan lomba debat antar perguruan tinggi yang diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) setiap tahunnya. 

Direktur Kemahasiswaan Unhas Abdullah Sanusi PhD menyampaikan, lomba debat ini selain menghasilkan pemenang di level universitas, ajang ini juga menjadi arena penjaringan kandidat untuk mewakili Unhas pada NUDC dan KDMI level wilayah dan nasional. 

Ia juga menyampaikan kepada seluruh debater untuk terus menjaga ritme berkompetisi. Ia menegaskan bahwa berlomba bukan sekadar usaha menjadi juara, tetapi bagaimana kegiatan-kegiatan kompetisi seperti ini menjadi ajang untuk terus meningkatkan kualitas dan rasa percaya diri secara berkelanjutan. 

“Tidak masalah dengan siapa kita akan berkompetisi, sepanjang kita mempersiapkan diri secara  maksimal, kita harus percaya  diri kitab bisa menang,” ujarnya menyemangati peserta. 

Sementara itu, Kasubdit Pengembangan Prestasi dan Talenta mahasiswa Dr. Suhasman menambahkan bahwa di ajang ini yang membanggakan adalah muncul debater muda dari para mahasiswa baru angkatan 2023. 

“Meskipun belum berhasil menjadi juara, namun mereka tampil cukup kompetitif,” tambahnya. 

Ajang kompetisi debat ini diikuti puluhan tim dari berbagai angkatan dan fakultas yang ada di Unhas. Sementara untuk penjurian peserta dilakukan oleh dosen PIC Muhammad Akbar Walenna PhD dan Dr. Nurjannah.


Berikut Daftar Pemenang NUDC dan KDMI

Pada Minggu 3 Maret 2024 berlangsung malam anugerah untuk mengumumkan para pemenang NUDC dan KDMI tingkat Unhas. Berikut daftar pemenangnya:


NUDC 

Juara 1: Maria Angeliqa Rieke Taneh (FIB) dan Nail Rifqillah (FISIP)

Juara 2: Aqila Shakira Patunru (Fakultas Kedokteran) dan Arifah Nursyahbani Seru (FISIP) 

Juara 3: Ashrie Wahid (FISIP) dan Adinda Febrianti Khaeriah Damis (Fakultas Hukum)

Juara 4: Baiq Naura Sayyidatin (FKG) dan Aminah Alkhaerat (FT)


KDMI

Juara 1: Abdul Salam Saputra (FISIP) dan Nur Hikmah Ridwan (FISIP)

Juara 2: Aswita Maharani Ardianingsih (FH) Arifah Nursyahbani Seru (FISIP) 

Juara 3: Muhammad Ardiansyah Asrifah (FMIPA) dan Maria Angeliqa Reike Taneh (FIB)

Juara 4: A Farina Aura Aulya Hermansyah (FH) dan Baiq Naura Sayyidatin (FKG)