Loading...

Unhas Selenggarakan Kompetisi Debat NUDC dan KDMI Tingkat Universitas

Posted By
ILHO
Kategori
PENGUMUMAN
Date
02-03-2024

Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Direktorat Kemahasiswaan menyelenggarakan Kompetisi Debat yaitu National University Debating Championship (NUDC) & Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat universitas. Lomba ini berlangsung di Fakultas Farmasi pada Sabtu-Minggu (2-3/3/2024).

NUDC dan KDMI merupakan lomba debat antar perguruan tinggi yang diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) setiap tahunnya. NUDC merupakan kompetisi dengan format Bahasa Inggris dan KDMI dalam format Bahasa Indonesia. 

Kompetisi debat tingkat universitas ini dilakukan untuk menyaring mahasiswa yang akan mengikuti kompetisi tingkat wilayah. Terdapat puluhan tim debat yang berkompetisi selama dua hari penyelenggaraan. 

Kasubdit Pengembangan Talenta dan Prestasi Mahasiswa, Dr Suhasman hadir membuka kegiatan. Dalam sambutannya, ia menegaskan bahwa ajang ini tak sekadar mencari juara untuk Unhas,  tetapi mencari kandidat di level wilayah dan nasional. 

“Tim Unhas sebelumnya menorehkan prestasi membanggakan di NUDC dan KDMI, dan ini menjadi milestone ke depan agar tim Unhas semakin berprestasi lagi,” terangnya.

Selain soal kompetisi, Suhasman juga menegaskan bahwa salah satu keterampilan abad 21 yang sangat penting adalah keterampilan komunikasi, bukan sekedar komunikasi intrapersonal tapi komunikasi dengan khalayak. (rmd/ilo)


Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan kompetisi debat antar tim yang dipandu oleh Tim Pokja Pengembangan Talenta dan Prestasi Mahasiswa.