Loading...

Unhas Sukses Selenggarakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas

Posted By
ILHO
Kategori
PENGUMUMAN
Date
24-03-2024

Direktorat Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin melalui Subdirektorat Pengembangan Prestasi dan Talenta menyelenggarakan ajang pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) tingkat universitas pada Minggu, 24 Maret 2024.  

Ajang final Pilmapres yang bertempat di Unhas Hotel and Convention ini diikuti 10 finalis dari berbagai fakultas di Unhas.

Dalam sambutannya, Direktur Kemahasiswaan Abdullah Sanusi Ph.D menjelaskan bahwa dalam pembinaan prestasi dan talenta mahasiswa, pihaknya terus melakukan improvisasi dan inovasi dalam metode pembinaan dari tahun ke tahun. Salah satunya dengan melibatkan mahasiswa-mahasiswi alumni berbagai ajang kompetisi dan meraih prestasi di ajang tersebut. 

“Melalui model peer mentoring ini hasilnya mulai nampak. Ekosistem prestasi semakin tumbuh dan berkembang. Kita berharap hal ini terus berlangsung dan mahasiswa semakin termotivasi untuk berprestasi,” ujarnya.

Sementara itu, dalam laporannya saat penutupan dan pengumuman finalis, Dr. Suhasman selaku Kasubdit Pengembangan Prestasi dan Talenta Mahasiswa menyampaikan bahwa Pilmapres  ini telah melalui proses seleksi panjang. Peserta pilmapres berasal dari dua jalur, yaitu dari pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat fakultas dan dari jalur peserta Talent Academy. Keduanya kemudian digabungkan di tingkat universitas dengan jumlah sekitar 60 orang peserta. 

“Di tingkat universitas dilakukan serangkaian seleksi ketat mulai dari wawancara bahasa inggris, evaluasi capaian unggulan, sampai pada assesment psikologi. Hasilnya adalah 10 finalis mahasiswa berprestasi yang berlaga pada ajang final tersebut,” tambahnya.

Dalam acara penutupan yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswan Prof.drg. Muh Rusli PhD bersama jajaran Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, ia menyampaikan bahwa Unhas sangat serius mengawal pengembangan prestasi dan talenta mahasiswa. Hal itu antara lain ditunjukkan dengan adanya arahan Bapak Rektor untuk membentuk bidang yang khusus menangani pengembangan prestasi dan talenta mahasiswa. 

“Melalui K-23, segala aktivitas positif mahasiswa baik kompetisi, organisasi, kewirausahaan maupun kegiatan lainnya akan terekognisi dalam mata kuliah penguatan kompetensi. Dengan demikian mahasiswa sekarang tidak perlu lagi khawatir terlambat menyelesaikan studi akibat aktif berkegiatan. Tetapi justru dengan semakin aktif, semakin berpeluang menyelesaikan studi tepat waktu,” tegasnya. 

Ajang final Pilmapres Unhas ini digawangi oleh 9 orang juri, masing-masing 3 orang juri capaian unggulan, 3 orang juri Bahasa Inggris, dan 3 orang juri gagasan kreatif. 

Tiga orang yang akhirnya berhasil meraih juara adalah:

Juara I​: Ibnu Alif Daffa Gymnastiar, dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Juara II​: Dwi Ananda Febryan dari Fakultas Peternakan

Juara III​: Andi Aulia Isradi dari Fakultas Kedokteran

Sementara itu, finalis lainnya adalah Muhammad Imran Taufik dari Prodi Kedokteran Gigi, Muh. Afdal dari Prodi Hub Internasional, Muhammad Gunawan dari Prodi  Keperawatan, Muhammad Yudhy Styra dari Prodi Kesehatan Masyarakat, Riezky Amalia Gue dari Prodi Geofisika, Dhita Hartati Octavia dari Prodi Statistika, serta Abd. Salam Saputra dari Prodi Ilmu Komunikasi. 

Di akhir acara, Wakil Rektor didampingi Direktur dan para Wakil Dekan serta Kasubdit menyerahkan plakat dan uang pembinaan kepada para juara maupun para finalis. (rmd/ilo)