Loading...
Kemahasiswaan

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas Buka Bincang Karir Virtual Bertema "Bangun Karirmu Sebagai Penulis"

Direktorat Alumni dan Penyiapan Karir Bidang Mahasiswa dan Alumni Unhas menggelar bincang karir virtual Rabu pkl 13.00-15.00 Wita via aplikasi Zoom. Acara ini bertajuk Bangun Karirmu Sebagai Penulis dan menghadirkan Yusran Darmawan (Blogger dan Penulis), Irmawati Puan Mawar (Jurnalis dan Penulis) dan Aan Mansyur (Penulis Puisi dan Cerpen) sebagai narasumber.  Kegiatan ini diikuti oleh 130 peserta dari Mahasiswa dan alumni Unhas serta peserta umum. Bincang karir virtual ini dibuka lansung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes. Dalam sambutan beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini dan menghaturkan terima kasih kepada para narasumber atas kesediannya membagi ilmu tentang dunia kepenulisan. 

Menulis adalah kegiatan memberi asupan nutrisi otak dan bathin kita. Sebab seorang penulis harus banyak membaca buku dan membaca lingkungannya. Kami di bidang kemahasiswaan memberi reward kepada mahasiswa yang menulis dimedia cetak atau di jurnal-jurnal bereputasi sesuai dengan skop berita atau tulisannya pada media atau jurnal apa, lokal, nasional dan internasional. Tutup Prof. Arsunan.


Yusran Darmawan dalam ulasannya mengatakan bahwa penulis serupa dengan mata uang yang bisa digunakan dimana saja pada jenis pekerjaan apa saja. Apapun profesi anda dengan kemampuan menulis akan membuat anda berbeda dengan yang lainnya dan dari segi finansial akan ada tambahan pemasukan. Apalagi sekarang ini media sosial menjadi wahana untuk belajar menulis dan menumpahkan perasaan serta pemikiran. Namun yang terpenting dipahami bahwa menulis adalah media untuk mencari relasi, membangun networking. 


Sedangkan Irmawati Puan Mawar memaparkan banyak bercerita tentang pengalaman dia di dunia jurnalis, dari sejak mahasiswa bergabung di PK Indentitas Unhas, lalu menjadi wartawan Tempo dan hingga kini menjadi penggiat literasi di Makassar. Ada 3 hal pokok yang menjadi landasan saya dalam menulis, pertama adalah ada niat baik dalam tulisan kita, bersikap adil dalam menulis dan selalu gunakan akal sehar dalam menulis jangan terganggu dengan hal-hal yang bisa membuat kita tidak objektif menuliskan sesuatu. Imhe sapaan akrab beliau juga menyampaikan trik dan tips dalam menulis, bagaiman menggali ide dan fokus pada tulisan serta bagaiman menguatkan hati bila tulisan kita mendapat respon negative dari para pembaca. Semua adalah bentuk motivasi agar kita lebih baik kedepannya dalam menyajikan tulisan tutup Imhe.


Begitu juga dengan Aan Mansyur Penulis Puisi yang dilontarkan Rangga dalam Film Ada Apa Dengan Cinta 2 ini pun membagi cerita dia hingga menjadi seorang penulis. Dimulai saat masih kecil dengan persoalan-persoalan keluarga dan akhirnya buku adalah dunia yang aman bagi Aan Mansyur untuk menghabiskan dan menghadapi segala persoalan keluarganya. Hingga saat ini begitu banyak bukunkumpulan puisi yang lahir dari tumpahan perasaan seorang Aan Mansyur. Beliau mengatakan bahwa hobbynya dengan dunia kata-kata bukan sesuatu yang instan dia dapatkan. Sebuah proses panjang dan berliku tentunya. Namun menjadi seorang penulis harus pula menjadi orang yang rakus dalam membaca buku. Dengan membaca kita akan mampu mengekstrak banyak hal, tapi jangan lupa seorang penulis harus mampu menguasai bahasa indonesia dengan baik untuk menjadi penulis yang baik. Sebab bahasa adalah media untuk menyampaikan apa yang kita pikir dan rasakan. Kalau dalam hal berbahasa kita gagal, maka gagal pula apa yang akan kita tuliskan dan apa pesan yang ingin kita sampaikan lewat tulisan kita. 


Bincang-bincang ini terlihat sangat antusias dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan dari peserta. Para narasumber pun sangat bersemangat menjawab. Apalagi bagi tiga penanya terbaik akan mendapat buku karya Aan Mansyur sebagai hadiahnya dan akan dikirim lansung ke alamat mereka masing-masing. Kegiatan ini ditutup oleh Abdullah Sanusi, Ph.D., Direktur Alumni dan Penyiapan Karir Unhas. (17/6)

Berita Lainnya