Loading...

Persiapan Peksiminas 2020, Kemahasiswaan Unhas Gelar Pentas Seni Virtual

11 October 2020

Dalam rangka persiapan menuju Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) tahun 2020, Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin menyelenggarakan Pentas Seni (Pensi) secara virtual. Kegiatan ini berlangsung secara daring mulai Kamis (08-11/10).


Pada kesempatan wawancara Selasa (13/10), Abdur Rahman Arif, S.Si, M.Si., selaku Ketua Panitia menjelaskan, kegiatan ini menjadi wadah pengembangan minat dan bakat mahasiswa.  Selain itu juga dimaksudkan sebagai ajang penjaringan calon delegasi serta prakondisi untuk kegiatan Peksiminas nantinya.


Abdur Rahman menambahkan, meskipun ditengah pandemi Covid-19, kemahasiswaan Unhas berupaya tetap optimal menyelenggarakan kegiatan yang sudah direncanakan setiap tahun. Kegiatan dilakukan secara blended dengan mengkombinasikan metode daring dan luring. Persentase hampir 70% kegiatan dilakuan secara daring mulai tahap persiapan hingga pelaksanaan.


"Tantangan terbesarnya adalah melakukan penyesuaian terhadap mekanisme kegiatan. Ini menjadi ajang menjaring potensi mahasiswa kita dalam berbagai perlombaan bidang seni yang mana juara Pensi ini akan menjadi delegasi Unhas dalam ajang Peksiminas nantinya," jelas Abdur Rahman.


Pendaftaran kegiatan ini dilakukan secara daring. Pengumpulan seluruh karya mahasiswa dilakukan pada seleksi awal proses pendaftaran.


"Khusus untuk kegiatan final lomba menyanyi dan baca puisi dipilih 5 finalis terbaik dari hasil seleksi daring, kemudian dipertandingkan luring dengan melibatkan 3 juri yang berkompeten pada bidang masing-masing. Pelaksanaan lomba secara luring dilaksanakan di Baruga AP Pettarani dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," sambung Abdur Rahman.


Dalam Pentas Seni kali ini, panitia penyelenggara menghadirkan 18 cabang lomba. 16 cabang tersebut merupakan cabang lomba yang akan dipertandingkan pada ajang Peksiminas 2020. Jumlah peserta yang terlibat sebanyak 133 orang dari berbagai fakultas di Unhas.


Melalui kegiatan ini, Rahman berharap menjadi wadah dan ruang ekspresi bagi mahasiswa dalam menuangkan ide, gagasan, kreativitas dan karya, sehingga melalui kegiatan ini akan dihasilkan bakat-bakat potensial yang mampu menjadi delegasi Unhas nantinya pada ajang Peksiminas 2020.(*/ilo/mir/)