Loading...

Mahasiswa FH Unhas Terpilih Jadi Duta Genre Sulsel

Posted By
-
Kategori
PENGUMUMAN
Date
12-10-2020

Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Hasanuddin, Muh. Dedy Sasmita, terpilih dalam ajang pemilihan Duta Genre Sulsel yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) provinsi Sulawesi Selatan. Pengumuman pemenang telah berlangsung pada Minggu (11/10) di Hotel Horizon, Makassar.


Melalui wawancara pada Selasa (13/10), Muh. Dedy Sasmita yang merupakan mahasiswa FH Unhas angkatan 2018 menjelaskan Duta Genre (Generasi Berencana) merupakan brand sekaligus wadah bagi remaja yang disiapkan oleh BKKBN. 


Duta genre ini menjadi role model bagi remaja dalam persiapan kehidupan berkeluarga agar terhindar dari tiga risiko yang di hadapi remaja yakni seks pra nikah, pernikahan dini dan Napza (Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat-zat Adiktif).


"Melihat perkembangan remaja saat ini saya sadar akan pentingnya peran remaja untuk masa depan. Sehingga, saya ingin ikut andil didalamnya guna mempersiapkan remaja yang memiliki SDM berkualitas, tidak hanya dari segi intelektual tapi dari kemampuan psikomotorik," jelas Dedy.


Selama satu tahun kedepan, sebagai Duta Genre Sulsel, Dedi memiliki tugas untuk mempromosikan tentang Triad Kesehatan Repodruksi Remaja (KRR) yang meliputi tiga risiko yang dihadapi remaja seperti seks pra nikah. Diharapkan dapat meminimalisir perlakuan menyimpang usia remaja dan meningkatkan peran dan keterlibatan mahasiswa dalam membangun negeri.


Melalui kegiatan ini, Dedi berharapan menjadi wadah dalam menyuarakan hak-hak remaja sekaligus menyamaratakan informasi-informasi dimulai dari daerah pedalaman menuju kota hibrida untuk Indonesia emas.


Menanggapi prestasi mahasiswa tersebut, Dekan FH Unhas Prof. Dr. Farida Patittingi, S.H., M.Hum., sangat mengapresiasi capaian mahasiswanya. Prestasi ini merupakan yang ketiga kalinya mahasiswa FH Unhas meraih prestasi sebagai Duta Genre dan mewakili Sulsel ditingkat nasional.


"Ini menandakan iklim kompetisi dan kaderisasi kemahasiswaan kita berjalan baik, juga penguasaan mahasiswa kita bukan hanya dibidang hukum tapi juga bidang lain. Fakultas hukum selalu menyiapkan kader-kadernya agar bisa menjadi duta baik itu Duta Genre, Duta Lingkungan, Duta Pariwisata, Duta Konstitusi, dan prestasi bidang lainnya," jelas Prof Farida.(*/ilo/mir)