Loading...

Menyapa Alumni Tiga Wilayah, Prof Dwia: Unhas Era Sekarang

17 October 2020

Universitas Hasanuddin kembali menyapa para alumni untuk tiga wilayah di Indonesia yakni Nusa Tenggara Barat, Sumatera Utara, dan Gorontalo. Kegiatan yang dirangkaikan dengan pelantikan pengurus Ikatan Alumni (IKA) Unhas Koordinator Wilayah berlangsung mulai pukul 15.30 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Sabtu (17/10).


Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA, menyampaikan rasa bahagia dan mengapresiasi semangat alumni untuk mengikuti kegiatan. Meskipun berlangsung secara virtual, namun para alumni tetap antusias menjalin silaturahmi bersama almamater tercinta.


Lebih lanjut, Prof Dwia juga menjelaskan mengenai capaian Unhas saat ini yang mengalami perkembangan signifikan.


"Saya ingin menjelaskan kepada para alumni tentang Unhas era sekarang yang terus menerus mengupayakan pembenahan sarana dan prasarana sebagai penunjang mutu dan pengembangan pendidikan. Alumni mempunyai andil besar dalam proses tersebut," jelas Prof Dwia.


Sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum, Unhas terus memaksimalkan diri sebagai institusi melalui output dan outcome yang dihasilkan dari input dan proses yang terukur. Dari sisi sumber daya, Unhas memiliki SDM unggul dan berkualitas, hal ini dibuktikan dengan posisi Unhas sebagai peringkat tujuh nasional, dengan SDM menduduki posisi pertama nasional.


"Ini juga merupakan tantangan, dimana dengan SDM yang baik, Unhas tentunya dituntut untuk menghasilkan alumni, inovasi dan hilirisasi yang bermanfaat bagi masyarakat," sambung Prof Dwia.


Prof. Dwia juga menyampaikan peran dan keterlibatan Unhas dalam membantu permasalahan bangsa, salah satunya dalam penanganan kasus pandemi Covid-19. Unhas sangat aktif mendukung upaya pemerintah memutus mata rantai Covid-19 dengan aktif melakukan testing, edukasi, dan menyalurkan bantuan kepada masyarakat.


Diakhir paparan, Prof. Dwia menyampaikan selamat kepada para pengurus yang dilantik. Hal ini merupakan kebanggaan dan kebahagian tersendiri, dimana keterlibatan alumni diharapkan membawa Unhas tidak hanya sekedar membangun jejaring sesama alumni, namun dapat berkontribusi dalam pengembangan akademik dan riset.


"Unhas ingin wajahnya lebih kokoh, sesuai dengan jargon Unhas sebagai Humaniversity yang selalu berupaya menjadi garda terdepan. Tentu ini membutuhkan keterlibatan para alumni untuk semakin memperkuat dan memperkenalkan Unhas yang matang dan dewasa," tutup Prof Dwia.


Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum IKA Unhas Drs. H. Jusuf Kalla, juga turut menyapa alumni pada tiga provinsi tersebut. Dalam sambutan, beliau menuturkan salah satu tolak ukur keberhasilan perguruan tinggi terletak dari kontribusi para alumni untuk masyarakat, bangsa dan negara.


"Disamping sistem, sarana prasarana dan SDM yang baik, keberhasilan kampus juga dilihat dari kemampuan dan posisi para alumni yang mampu bergerak secara nyata dalam peningkatan kualitas wilayah ataupun instansi tempat mereka bekerja," jelas Jusuf Kalla.


Alumni memiliki tugas untuk saling membantu dan mengisi dengan almamater, karena setelah lulus ilmu terus mengalami perkembangan. Sehinga, alumni dan kampus harus saling mendukung.


Usai menyapa para alumni, kegiatan dilanjutkan dengan pelantikan para pengurus IKA Unhas Korwil Sumatera Utara, Gorontalo dan Nusa Tenggara Barat oleh Ketua Umum IKA Unhas, Drs. H. Jusuf Kalla.


Kegiatan berlangsung dengan lancar hingga berakhirnya kegiatan pukul 18.00 Wita.(*/ilo/mir)