Loading...

Rangkaian Pembinaan Karakter untuk Mahasiswa Baru Unhas Berakhir

Posted By
-
Kategori
PENGUMUMAN
Date
16-10-2020

Universitas Hasanuddin melalui Bidang Kemahasiswaan telah menyelenggarakan tahapan penerimaan mahasiswa baru yang dikemas dalam serangkaian acara.  Salah satunya adalah melalui Balance (Basic Learning Skills, Character, and Creativity), yang berakhir pada Sabtu (17/10).


Balance merupakan rangkaian pembinaan karakter, yang dimaksudkan untuk memperkenalkan mahasiswa baru angkatan 2020 mengenal kehidupan kampus, memicu kreativitas, dan mengembangkan skil belajar di perguruan tinggi.


Kegiatan dimulai pada 12 September 2020, berlangsung setiap hari Sabtu.  Mahasiswa baru dibagi dalam kelompok-kelompok kecil, dengan panduan dan bimbingan para pendamping (instruktur dan mentor) yang telah dibekali dengan kompetensi khusus untuk menjadi fasilitator Balance.



Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. drg. A. Arsunan, M.Kes, menjelaskan bahwa tahun ini Balance digelar dengan metode virtual.  Meskipun demikian, pihaknya telah mempersiapkan teknik fasilitasi, untuk memastikan transformasi pengetahuan, sikap, dan perilaku kepada mahasiswa baru.


"Meskipun secara virtual tapi kita berharap terjadi transformasi nilai yang positif sebelum adik-adik mahasiswa baru dalam melakoni perannya sebagai mahasiswa di Unhas, dimana iklim dan suasananya jauh berbeda dengan suasana di sekolah lanjutan atas," kata Arsunan.


Sebagai pembina kemahasiswaan, Prof. Arsunan mengucapkan apresiasi dan penghargaan kepada para Wakil Dekan III, kelompok kerja (pokja), dosen instruktur, para mentor, dan mahasiswa baru yang mengikuti seluruh proses dengan penuh kesabaran.



"Saya paham betul besarnya tantangan yang kita hadapi. Alahamdulillah, dengan penuh dedikasi, kita semua dapat menyelesaikan amanah ini, meskipun di tengah suasana pandemi," kata Arsunan.


Pelaksanaan Balance tahun ini diikuti  6.949 mahasiswa baru, dan beberapa mahasiswa angkatan sebelumnya yang sebelumnya belum berkesempatan mengikuti.(*/ilo/ir)