Loading...

Loloskan 27 Tim ke PIMNAS, Unhas Peringkat 6 Nasional

30 October 2020
Universitas Hasanuddin berhasil meloloskan 27 tim ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 Tahun 2020.  Unhas menempati peringkat ke-6 secara nasional dari sisi jumlah tim yang lolos sebagai peserta Pimnas tahun ini.

Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia Nomor 2414/J3/2020 tentang Penetapan Peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Tahun 2020 tertanggal 29 Oktober 2020.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. A. Arsunan, M.Kes menyambut bahagia capaian ini.  Prestasi mahasiswa Unhas di kegiatan ini cukup membanggakan, peringkat 6 adalah hal yang patut disyukuri.  Meskipun demikian, masih ada tugas yang menunggu ke depannya.

“Tantangan berikutnya tidaklah ringan. Kita perlu mengambil langkah strategis agar tim yang berhasil maju ke Pimnas ke-33 ini bisa mendapatkan medali. Tentu kami sangat berharap kepada segenap sivitas akademika untuk memberi masukan, kontribusi, dan pendampingan, sehingga tim PKM Unhas dapat meraih prestasi yang membanggakan almamater,” kata Prof. Arsunan.

Capaian prestasi ini merupakan hasil kerja bersama seluruh elemen Unhas, khususnya di bidang kemahasiswaan.  Prof. Arsunan secara khusus menyampaikan penghargaan atas kontribusi semua pihak.

“Terima kasih banyak kepada semua yang telah berkontribusi untuk kemajuan mahasiswa Unhas, khususnya kepada para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, staf kemahasiswaan di rektorat, Pokja PKM, para Ketua Program Studi, dan seluruh dosen pembimbing/pendamping PKM,” kata Prof. Arsunan.

Sementara itu, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menyatakan bangga dan apresiasi atas prestasi yang diraih mahasiswa Unhas.  Hal ini membuktikan bahwa meskipun dalam situasi pandemi Covid-19, mahasiswa Unhas dapat membuktikan diri mempertahankan reputasi dengan prestasi unggul dan membanggakan.

“Selamat kepada mahasiswa yang lolos sebagai peserta Pimnas ke-33 tahun ini. Semoga dapat terus mencatatkan prestasi gemilang dengan meraih medali nantinya,” kata Prof. Dwia.

Sesuai penyampaian dari Pusat Prestasi Nasional, bagi tim yang telah direkomendasikan untuk mengikuti Pimnas ini diharapkan untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Tim yang lolos diharapkan untuk segera mengkonfirmasi kehadirannya melalui form yang telah disiapkan.

Sebaran 27 tim PKM Unhas yang lolos direkomendasikan ke Pimnas berdasarkan fakultas adalah:

Fakultas Hukum: 4 tim
Fakultas Isipol: 4 tim
Fakultas Kedokteran Gigi: 3 tim
Fakultas Keperawatan: 3 tim
Fakultas Pertanian: 3 tim
Fakultas Teknik: 3 tim
Fakultas Kedokteran: 2 tim
Fakultas Ekonomi dan Bisnis: 1 tim
Fakultas Farmasi: 1 tim
Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan: 1 tim
Fakultas Kehutanan: 1 tim
Fakultas MIPA: 1 tim

Berdasarkan kategori Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), sebaran proposal PKM mahasiswa yang direkomendasikan ke Pimnas adalah:

Bidang Kewirausahaan (PKM-K): 2 tim

Bidang Karsa Cipta (PKM KC): 4 tim

Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M): 8 tim

Bidang Penelitian Eksakta (PKM-PE): 5 tim

Bidang Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH): 7 tim

Bidang Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK): 1 tim

Pelaksanaan PIMNAS ke-33 tahun 2020 akan berlangsung secara daring, dijadwalkan pada tanggal 24 – 29 November 2020.(*/ilo/ir)