Loading...

Unhas Peringkat 5 Besar Ajang PIMNAS 33 Tahun 2020

29 November 2020

Universitas Hasanuddin berhasil mencatat prestasi membanggakan pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-33 Tahun 2020. Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia, berlangsung selama enam hari, sejak tanggal 24 November 2020, dengan Universitas Gadjah Mada sebagai tuan rumah.


Upacara penutupan berlangsung pukul 22.00 Wita, Sabtu (28/11), secara luring terbatas dan disiarkan melalui YouTube resmi UGM. 


Ketua PIMNAS ke-33, Prof Dr Ir Jagal Wiseso Marseno M.Agr, dalam laporannya menjelaskan bahwa babak final PIMNAS tahun ini diikuti oleh 625 tim PKM dari 101 perguruan tinggi. Jumlah mahasiswa yang terlibat adalah 2.239 orang dan dosen pendamping sebanyak 552 orang.


Tahun ini Unhas meloloskan 27 tim, menempati posisi ke-6 dari sisi jumlah tim yang lolos.  Menghadapi kegiatan ini, Bidang Kemahasiswaan Unhas mengambil beberapa langkah, diantaranya mengoptimalkan pendampingan mahasiswa melalui karantina selama lima hari di salah satu hotel, dan simulasi penilaian dengan menghadirkan narasumber ahli.


PIMNAS ke-33 terbagi dalam enam bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), yaitu: Kewirausahaan (PKM-K), Karsa Cipta (PKM-KC), Pengabdian Masyarakat (PKM-M), Penelitian Eksakta (PKM-PE), Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH), dan Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK).


Berdasarkan pengumuman tim juri, Unhas berhasil meraih 10 medali, yang terdiri atas:


Juara Favorit: PKM-PSH 2 (FISIPOL)


Kelompok Poster:


Medali Emas: PKM-KC 5 (Fakultas Kedokteran)

Medali Emas: PKM-PE 4 (Fakultas Kehutanan)

Medali Perak: PKM-PE 5 (Fakultas Pertanian)

Medali Perunggu: PKM-K 4 (Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan)

Medali Perunggu: PKM-M 4 (Fakultas Kedokteran Gigi)


Kelompok Presentasi:


Medali Emas: PKM-M 3 (Fakultas Hukum)

Medali Emas: PKM-M 4 (Fakultas Kedokteran Gigi)

Medali Perunggu: PKM-K 3 (Fakultas Pertanian)

Medali Perunggu: PKM-KC 5 (Fakultas Kedokteran)


Perolehan medali ini menempatkan Unhas pada peringkat ke-5 nasional.


Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Dr. A. Arsunan, M.Kes menyambut bahagia capaian yang dinilai sangat prestisius ini.  Keberhasilan Unhas menempati peringkat ke-5 nasional merupakan buah dari kerja sama dan kolaborasi semua pihak.


"Prestasi ini tidak terlepas dukungan dan arahan  Ibu Rektor dan jajaran pimpinan lainnya, mulai dari ketua program studi, departemen, pimpinan fakultas, serta dosen pendamping dan tim pakar serta tim pokja," kata Prof. Arsunan.


Semua pihak telah bekerja keras untuk memotivasi, memberi dukungan moril serta fasilitas lainnya. Tidak lupa kepada Unhas Press yang terus melakukan pendampingan pada pembuatan poster adik-adik.


"Kami dari jajaran bidang kemahasiswaan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah peduli dan ikut berkontribusi untuk kemajuan dan kesuksesan adik-adik mahasiswa Unhas.  Kami telah menyiapkan reward sebagai bentuk apresiasi kepada adik-adik mahaiswa," papar Prof. Arsunan.


Sementara itu, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menyatakan bangga dan apresiasi atas prestasi yang diraih mahasiswa Unhas.  Capaian sepuluh medali, khususnya empat medali emas, merupakan terobosan besar, hal yang pertama kali dicapai Unhas.


“Selamat kepada mahasiswa yang berhasil meraih prestasi pada PIMNAS ke-33 tahun ini. Hal ini menjadi motivasi dan pendorong semangat untuk meningkatkan prestasi mahasiswa pada masa-masa mendatang,” kata Prof. Dwia.(*/ir)