Loading...

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Hasanuddin Jalur Ketua OSIS

Posted By
-
Kategori
PENGUMUMAN
Date
16-02-2021

Universitas Hasanuddin kembali akan menerima mahasiswa baru melalui Jalur Program Pembinaan Bakat Kepemimpinan untuk tahun 2021. Jalur ini khusus diperuntukkan bagi lulusan SMA di Sulawesi Selatan yang pernah menjabat sebagai Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), sehingga seringkali secara populer disebut sebagai Jalur Ketua OSIS.


Proses pendaftaran telah dibuka sejak Senin (15/02) hingga Sabtu (06/03).


Pada kesempatan wawancara, Rabu (17/02) Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes., menjelaskan bahwa selain fokus berkiprah dalam dunia profesional, Unhas juga memiliki komitmen menghasilkan luaran yang memiliki perpaduan kualitas akademik dan kualitas kepemimpinan. Hal inilah yang mendasari pembukaan Jalur Ketua OSIS ini.


Menurut Prof Arsunan, program ini hadir dengan tujuan memberikan kesempatan kepada siswa SMA/sederajat di Sulawesi Selatan yang pernah menjadi ketua OSIS serta memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan di Unhas. Bagi Unhas sendiri, program ini memberikan peluang mendapatkan calon mahasiswa yang memiliki potensi prestasi dan potensi serta bakat kepemimpinan.


"Jalur ini sudah kita mulai sejak tahun 2019. Dari hasil monitoring kami, mereka selain berprestasi juga berkiprah dalam organisasi kampus. Kami fokus pada Ketua OSIS, karena mereka ini merupakan pucuk pimpinan yang telah melewati proses seleksi," jelas Prof Arsunan.


Untuk tahun ini, Prof Arsunan menambahkan Unhas mengupayakan ada peningkatan jumlah kuota dari tahun sebelumnya, mengingat antusias siswa dari berbagai sekolah di Sulawesi Selatan. Meskipun demikian, Unhas juga tetap melihat jumlah kuota pada masing-masing program studi yang dibuka. Selain itu, juga memberikan kesempatan kepada siswa dengan sekolah Akreditasi B untuk mengikuti program ini, dimana sebelumnya hanya untuk siswa dengan sekolah terakreditasi A.


Setelah melakukan pendaftaran online hingga awal Maret mendatang, proses dilanjutkan dengan pengumuman seleksi administrasi pada 15 Maret 2021 untuk selanjutnya mengikuti verifikasi berkas dan wawancara 15 Maret 2021. Sementara itu, pengumuman hasil seleksi akan dilakukan 7 April.


"Kita upayakan kurang lebih 30 orang yang akan diterima dalam jalur ini dan tetap mengikuti proporsi distribusi fakultas. Proses seleksi semua kita lakukan secara daring mengikuti situasi pandemi saat ini. Untuk memaksimalkan efektivitas proses penerimaan, siswa hanya boleh memilih satu program studi saja," sambung Prof Arsunan. 


Melalui program seleksi Jalur Ketua OSIS, Prof Arsunan berharap menjadi salah satu media dalam menjaring kandidat terbaik guna menghasilkan luaran Unhas yang berkualitas dan berdaya saing.


Bagi mahasiswa SMA/Sederajat yang ingin mengikuti proses seleksi jalur ini dapat melihat informasi resmi pada laman http://osispmb.unhas.ac.id atau dapat mengunjungi bagian Kemahasiswaan Unhas yang berada di Lt. 2 Gedung Rektorat Unhas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.(*/mir/ilo)